Nama / NIM : Pande Nengah Purnawan / 1404505064
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
Pengenalan Java - OOP
"Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Java menurut beberapa referensi yang sudah saya baca sebelumnya"
Pengertian Java
Java
adalah bahasa pemrograman berorientasi objek murni yang dibuat berdasarkan
kemampuan-kemampuan terbaik bahasa pemrograman objek sebelumnya (C++, Ada,
Simula). Java diciptakan oleh James Gosling, developer dari Sun Microsystems
pada tahun 1991.
Karakteristik dari Java sendiri antara lain sebagai berikut.
- Sederhana (Simple)
- Berorientasi Objek (Object Oriented)
- Terdistribusi (Distributed)
- Interpreted – Robust
- Aman (Secure)
- Architecture Neutral
- Portable
- Performance
- Multithreaded
- Dinamis
Sedangkan
macam-macam Java 2 Software Developer Kit (J2SDK) antara lain sebagai berikut.
- J2SE (Java 2 Standard Edition); Java 2 Standard Edition mencakup core dari bahasa pemrograman Java, memuat librarylibrary inti yang dibutuhkan seperti IO, Networking dan JDBC.
- J2EE (Java 2 Enterprise Edition); Java 2 Enterprise Edition adalah pengembangan Java untuk solusi enterprise, mulai dari aplikasi berbasis Web dengan Servlet dan JSP, aplikasi terdistribusi dengan EJB, sebagaimana aplikasi integrasi enterprise seperti Web Service.
- J2ME (Java 2 Micro Edition); Java 2 Micro Edition adalah pengembangan Java untuk mobile device, seperti handphone, pocket PC dan PDA. Pengembangan ke arah mobile device ini menuntut Java untuk beradaptasi dengan mesin yang terbatas dalam memory dan processor.
Java mempunyai platform yaitu sebagai
berikut.
- Java Virtual Machine (Java VM)
- Java Application Programming Interface (Java API)
- Stand alone
- Applets
- Aplikasi berbasis Windows (GUI)
- Java Servlet
- Java Server Pages (JSP)
- Java Beans dan Enterprise Java Beans
- Java Micro Edition
Konsep OOP (Object Oriented Programming)
Konsep
dasar berorientasi objek atau Objek Oriented Programming (OOP) adalah inti dari
pemrograman Java. Dasar pemrograman objek pada pemrograman Java, antara
lainsebagai berikut.
1. Objek
Dalam pengertiannya, objek merupakan sesuatu benda, baik yang nyata maupun yang tidak (sesuatu yang kita bayangkan). Sebuah objek memiliki atribut dan perilaku. Atribut menyatakan kondisi yang ada/melekat pada objek, sedangkan perilaku menyatakan sekumpulan aksi yang dapat dilakukan oleh obyek. Sebagai contoh, sebuah mobil memiliki atribut berupa roda, kecepatan, klakson dan sebagainya. Sedangkan perilakunya meliputi berbelok, mengerem, mundur dan lain-lain. Sama seperti dalam kehidupan nyata, dalam OOP setiap objek dimodelkan ke dalam sebuah program. Dalam OOP, atribut derelasikan sebagai variable serta perilaku sebagai fungsi (method).
2. K elas
Kelas merupakan fitur terpenting dalam OOP. Objek
didefinisikan dengan sebuah kelas. Kelas merupakan model (blue print) yang
digunakan untuk menciptakan sebuah objek. Analoginya seperti blue print pada
pembuatan mobil yang dibuat oleh desainer (perancang mobil). Setiap mobil
memiliki karakteristik yang sama. Blue print ini menggambarkan semua karakteristik
yang dimiliki oleh mobil, seperti pintu, setir, knalpot, klakson, saluran
transmisi, dan sebagainya. Dengan blue print ini maka banyak mobil yang dapat
dibuat. Dari blue print yang ada dapat dibuat mobil-mobil yang berbeda,
misalnya dalam hal bahan yang digunakan, jumlah roda, posisi setir, dan
sebagainya. Tetapi mereka tetap dikatakan memiliki karakteristik yang sama.
Sama dengan kenyataan sehari-hari, dalam OOP, ini merupakan
hal yang biasa bahwa objek dengan jenis sama memiliki karakteristik yang sama. Sebagai
contoh tadi, obyek mobil memiliki beberapa variable yang menyatakan atribut dari
mobil dan implementasinya dari fungsi (method) menyatakan perilaku dari mobil tersebut.
Pada saat instance dari kelas dibuat, maka variable yang dideklarasikan akan disimpan
di memori. Variabel tersebut kemudian akan dimodifikasi dengan menggunakan
method yang disediakan.
3. Enkapsulasi (Encapsulation)
Enkapsulasi merupakan proses pembungkusan data dan method
yang menyusun suatu kelas dan menyembunyikan dari luar sehingga kelas dapat
dipandang sebagi suatu modul. Dalam pemrograman hal ini dikenal dengan Information
Hiding. Layaknya seperti kapsul obat yang berfungsi untuk “membungkus”
serbuk obat menjadi suatu modul obat kapsul.
4. Pewarisan (Inheritance)
Pengimplementasian Java
1. Pendidikan
Salah satu penerapan Java adalah dalam pendidikan. Contohnya adalah
pengembangan aplikasi mlearning berbasis J2ME untuk mata pelajaran Keterampilan
Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Pengembangan aplikasi mlearning dengan
J2ME menjadikan aplikasi ini dapat dijalankan di semua platform handphone yang
mendukung Java MIDP 2.0 dan CLDC 1 .0. Aplikasi dibuat menjadi dua versi, yaitu
versi Alfanumerik untuk jenis handphone dengan keypad Alfanumerik dan versi
Qwerty untuk jenis handphone dengan keypad Qwerty. Eksperimen menggunakan
aplikasi mlearning ini dalam pembelajaran terdiri dari dua tahap, yaitu tahap
perencanaan pembelajaran dalam bentuk penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), dan tahap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sesuai
dengan RPP.
2. M‑commerce
E‑commerce lebih identik
dengan transaksi jual‑beli barang dan jasa secara
online, online shop, dan bisnis lain yang dilakukan melalui internet. Transaksi
bisa berupa B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to
Customer). E‑Commerce tidak hanya
dilakukan di dalam browser namun juga dilakukan di dalam perangkat mobile yang
biasa disebut dengan mobile commerce. Mobile Commerce biasa
menggunakan aplikasi berbasis java dalam penerapannya, bahkan browser pada
mobile juga banyak yang menggunakan platform java missal yang banyak digunakan
adalah Opera Mini.
Jumlah pengguna ponsel pada umumnya lebih banyak ketimbang
pengguna internet melalui PC/laptop sehingga pelanggan melalui ponsel lebih
banyak bisa dijangkau daripada pengguna yang tidak menggunakan ponsel. Dengan
banyaknya pengguna ponsel ini maka semakin besar peluang untuk pengguna ponsel
melakukan transaksi jika ponsel mereka bisa bisa digunakan untuk E‑Commerce, maka m-commerce semakin banyak dikembangkan karena potensinya yang
cukup besar. Contoh aplikasi telah dikembangkan adalah mobile banking, aplikasi
untuk transaksi saham, pelelangan barang dan lain sebagainya. Namun pengembangan
aplikasi ini tidak terlepas dengan keamanan yang didukung oleh aplikasi tersebut.
Oleh karena itu platform yang banyak digunakan adalah WAP dan Java ME baik melalui
teknologi seperti Circuit Switched Data (CSD) atau General Packet Radio Service
(GPRS).
3. Social Networking
Manusia merupakan makhluk social yang membutuhkan interaksi dengan
sesama. Dengan bahasa Java dimungkinkan untuk membuat aplikasi social networking
yang memenuhi kebutuhan user dalam berinteraksi melalui device (tanpa suara tentunya).
Contoh terbaru adalah kerjasama antara Facebook dan Snaptu
dalam menghasilkan sebuah aplikasi berbasis java. Konsepnya akan seperti
Facebook Zero. Pengguna akan bisa mempergunakan aplikasi ini secara gratis 90
hari tanpa perlu dibebani data akses. Namun karena gratis maka hanya bisa
dipergunakan di operator yang bekerjasama dengan Facebook. Layanan ini baru
tersedia di beberapa negara. Sayangnya operator di Indonesia belum ada yang
mendukung layanan ini. Aplikasi ini mirip dengan Facebook di Snaptu sebelumnya.
Bisa untuk update status, komentar, melihat foto dan lain-lain.
3. Games
Penerapan Java pada games saat ini sudah sangat luas,
terutama pada ponsel dan android. Game java dapat diunduh dimana saja dan
sebagian telah mendukung grafis 3D. Dengan dukungan J2ME pada ponsel
memungkinkan game berbasis java dan mesin virtual Dalvik pada Android.
Daftar Pustaka
- Ananta. 2011. Penerapan Bahasa Pemrograman Java di Masa Sekarang. Diakses melalui: https://anantakun.wordpress.com/2011/03/03/penerapanbahasapemrogramanjavadimasasekarang/ pada tanggal 27 Februari 2015.
- Anonim. Materi Dasar Komputer dan Pemrograman. Diakses melalui: http://blog.trisakti.ac.id/labkomputer/files/2010/05/MODULDKP.pdf pada tanggal 27 Februari 2015.
- Noviyanto. Pengenalan Bahasa Pemrograman Java. Diakses melalui: http://merlindriati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/34028/1_Pengenalan_Java.pdf pada tanggal 27 Februari 2015.
- Siti, Uun Khoiriyah. 2013. Bahasa Pemrograman Java. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Diakses melalui: http://septialutfi110241207603.blogspot.com/2013/10/bahasapemrogramanjava.html pada tanggal 27 Februari 2015.
Thanks
ReplyDelete