Nama / NIM : Pande Nengah Purnawan / 1404505064
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
Perlu kalian ketahui bahwa dalam mendesain aplikasi GUI, Object Frame selalu digunakan seperti:
public class JavaGUI extends JFrame {
JLabel label;
JavaGUI(String title) {
this.setSize(500,200);
setTitle(title);
label = new JLabel("Pande Nengah Purnawan");
getContentPane().add(label);
}
}
Kita membuat class dengan nama "JavaGUI". Dalam class ini kita sudah mengisikan method GUI. "this.setSize(500,200);" kita mensetting size dari windows yang nantinya akan tertampil. "JLabel label;" kita mendeklarasikan Label dengan nama "label", kemudian kita menginisianinya menggunakan sintaks "label = new JLabel("Pande Nengah Purnawan"); getContentPane(). add(label);". Disini kita membuat label yang berisi nilai "Pande Nengah Purnawan".
Setelah itu bisa dicompile dengan cara menekan F8 atau pada menubar pilih Build kemudian klik Compile. Gambarnya bisa dilihat pada diagram dibawah ini.
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
JAVA GUI
"Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai belajar program java - GUI menurut beberapa referensi yang saya baca"
Perkenalan
GUI yang saya maksud adalah Graphic User Interface. Sobat saya juga baru tahu ternyata Bahasa Pemrograman Java bisa dipakai untuk membuat layer aplikasi berbasis GUI loo. Kalian Pernah memakai aplikasi Dhelpi atau Visual Basic? Nah kita akan belajar itu di Java. Langsung saja sobat.
Koding
Silakan copas koding di bawah ini sobat. Seperti biasa sobat bisa menggunakan IDE apa saja. Saya menggunakan IDE Geany karena lebih mudah digunakan. Ingat beri nama sesuai dengan nama classnya ya (JavaGUI).
Untuk memungkinkan membuat program GUI ini kita harus menggunakan sintaks:
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
Dalam Java sebenarnya terdapat 2 package yang dapat digunakan untuk mengembangkan program-program GUI, yaitu AWT (Abstract Windows Toolkit) dan SWING seperti pada ketiga sintaks di atas.
AWT adalah sekumpulan library yang tidak tergantung platform dan digunakan untuk menyederhanakan implementasi user-interface. Sedangkan SWING adalah bentuk implementasi selanjutnya yang menambahkan komponen- komponen dalam sistem GUI tapi masih didasarkan pada arsitektur AWT (misalnya untuk pembuatan "event handling").
Perlu kalian ketahui bahwa dalam mendesain aplikasi GUI, Object Frame selalu digunakan seperti:
public class JavaGUI extends JFrame {
JLabel label;
JavaGUI(String title) {
this.setSize(500,200);
setTitle(title);
label = new JLabel("Pande Nengah Purnawan");
getContentPane().add(label);
}
}
Kita membuat class dengan nama "JavaGUI". Dalam class ini kita sudah mengisikan method GUI. "this.setSize(500,200);" kita mensetting size dari windows yang nantinya akan tertampil. "JLabel label;" kita mendeklarasikan Label dengan nama "label", kemudian kita menginisianinya menggunakan sintaks "label = new JLabel("Pande Nengah Purnawan"); getContentPane(). add(label);". Disini kita membuat label yang berisi nilai "Pande Nengah Purnawan".
Pada fungsi main ini lah kita panggil method java yang kita sudah buat dengan inisiani "JavaGUI window = new JavaGUI("Java GUI");". Dengan inisiasi tersebut kita akan membuat nama "Java GUI" di windows nantinya. Penggunaan sintaks "window.setVisible(true);" supaya layer yang kita buat bisa terlihat dan "window.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);" adalah pendeklarasian default ketika kita memberhentikan program layer yang kita buat juga berhenti.
Setelah itu, saatnya untuk mengexecute program yaitu dengan cara menekan F5, atau pada menubar Build pilih Execute. Berikut adalah gambarnya.
Sekian penjelasannya. Semoga bermanfaat ^.^
Daftar Pustaka
- Maruvian education. J.E.N.I - Pengenalan Pemrograman 1. Java Education Network Indonesia.
0 comments:
Post a Comment